Pesta Blogger 2008

pb-120

Sebagai kelanjutan dari perhelatan akbar para blogger yang dilaksanakan setahun yang lalu, yang akhirnya menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger nasional, Sabtu kemarin, acara bertajuk Pesta Blogger itu kembali diadakan. Kali ini, alhamdulillah saya berkesempatan menghadirinya.

Acara ini cukup unik dan menarik menurut saya, karena bagi saya ini adalah ‘kopdar’ akbar dengan teman-teman blogger se-Indonesia, yang selama ini sudah saya kenal namun belum pernah melihat mereka secara langsung. Hitung-hitung silaturahmi secara offline, setelah selama ini bersilaturahmi di dunia maya. Oleh karena itu saya bela-belain datang ke Jakarta untuk ini, selain agenda utama saya yaitu.. ah sudahlah.. :D

Sebelum acara puncak Pesta Blogger 2008, kami para blogger dari Semarang sebelumnya menyelenggarakan kopdar sendiri. Tempatnya.. lagi-lagi itu itu lagi.. Sky Dining Plaza Semanggi. Tapi memang asyik tempatnya. :-) Sebelumnya saya, Nieke & Nilla nonton dulu di sana, sekaligus memesan tempat untuk acara malamnya.

Sebelum bertemu dengan blogger-blogger lain di acara puncak bahkan saya sempat berkenalan dengan Selengkapnya

MedPedia–Ensiklopedia Kolaboratif di Bidang Kedokteran

Image Hosted by ImageShack.us
Logo MedPedia

Satu lagi proyek yang akan memperkaya sumber daya ilmu kedokteran dan kesehatan di dunia maya. MedPedia, sebuah proyek wiki yang berjalan di atas MediaWiki, akan menjadi sebuah ensiklopedia yang terbuka bagi para kontributor untuk turut berperan aktif menyumbangkan konten ke dalamnya. Sebagai wiki bertema spesifik di bidang kedokteran, diharapkan ke depan komunitas kedokteran (para praktisi-praktisi dan akademisi medis) akan menjadi kontributor utamanya sehingga keabsahan dan keakuratan artikel dapat terjaga.

Saat ini situs tersebut masih berada dalam fase closed beta. Kita hanya dapat melihat pratampil situsnya. Para profesional medis dapat mendaftarkan diri untuk menjadi kontributor. MedPedia sendiri sudah menggandeng Harvard, Stanford, Berkeley, U. of Michigan dan American College of Physicians sebagai mitra. Saat ini organisasi-organisasi itu sedang membuat bibit-bibit konten dan membuat taut-taut antar halaman sebagai landasan jaringan konten di wiki ini. Rencananya akhir tahun 2008 ini situs ini baru diluncurkan.

Selengkapnya

Kenangan Ultahku ke-23

Yak. Tanggal 12 Juni kemarin aku merayakan ulang tahunku yang ke-23. Karena ini ulang tahun pertama semenjak aku jadian dengan Nieke tercinta tiga bulan lalu, dan karena kami menjalani hubungan jarak jauh sehingga jarang ketemu, jadi aku putuskan untuk merayakan ulang tahunku itu hanya berdua dengan dia di Jakarta.

Jadilah aku berangkat dari stasiun Tawang ke Jakarta tanggal 11 malam hari dengan kereta bisnis. Karena kereta dijadwalkan tiba sebelum subuh keesokan harinya, jadi hitung mundur hari ulang tahun pun harus dilakukan di atas kereta. Untuk inipun si cinta pake bikin ulah pura-pura marah segala karena suatu topik masalah. Karena memang kita sering banget berantem karena masalah ini (masalah apa ya…? ;;) ), jadi waktu itu aku benar-benar ngira kalau dia beneran marah. Tapi ternyata, tepat pukul 00:00 12 Juni dia tiba-tiba nelpon menyanyikan lagu happy birthday dengan suara merdunya. Gak diragukan lagi, sopranos Paduan Suara Mahasiswa Trisakti gitu.. ;)). Untung saja waktu itu sinyalnya IM3 gak lagi hilang.

Sesampainya di Stasiun Senen, aku gak perlu nunggu lama sampai waktu sholat shubuh di mushola dekat stasiun. Setelah selesai shubuh aku langsung sarapan pagi lebih awal dan naik busway ke Jelambar, lalu dijemput honey dan diantar ke daerah kostannya. Aku menginap di kosan cowok di dekat kosan dia, dan pagi itu langsung istirahat sampai siang.

Siangnya kita muter-muter di daerah Grogol. Pertama kita muter-muter di Mal Ciputra. Kita makan siang, lalu foto-foto di photobox (aku juga heran, kenapa sih cinta suka banget photobox. Padahal menurutku pake kamera cybershot 3.2 MP yg aku bawa aja udah cukup. Bahkan dulu waktu di Semarang, aku nenteng kamera EOS 350D pun dia masih ngajak ke photobox -___-!).

In front of Gigantic Po Kung Fu Panda Poster

Di Bakso Malang Apaa..gitu, di CL DSC00663 Look, it's the Panda... No.. Dragon Warrior! DSC00651

Selengkapnya

Fasilitas Pendukung Internasionalisasi Plugin WordPress

Bagi Anda para pengembang plugin yang menginangkan pengembangan pluginnya di repositori resmi WordPress, kini tersedia fitur baru untuk mempermudah proses internasionalisasi plugin Anda. Jika Anda masuk ke halaman admin plugin Anda, terdapat panel untuk:

  • Menciptakan berkas .pot
  • Menyisipkan domain ke panggilan gettext

pluginadmin

Bagi Anda yang tidak menggunakan repositori resmi WordPress, sebagai alternatif cara untuk menciptakan berkas .pot, Anda dapat menggunakan berkas makepot.php dan menjalankan perintah berikut melalui command line.

php makepot.php wp-plugin your-plugin-directory

Jika Anda lebih suka dengan versi skrip shell, Anda dapat membuat sendiri skrip khusus untuk plugin Anda, seperti yang biasa saya gunakan ini: commentmailer-gettext. Sesuaikan dengan plugin Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang internasionalisasi untuk plugin, silakan baca artikel codex berikut.

Google Health–Fasilitas Rekam Medis Terhubung

Google semakin memperluas sayap pengaruhnya terhadap hajat hidup orang banyak. Setelah berbagai layanan lainnya telah mendulang sukses, kini Google pun mulai merambah sektor kesehatan. Hari Senin kemarin Google secara resmi membuka layanan barunya–Google Health. Ini merupakan fasilitas rekam medis perorangan terhubung yang memungkinkan kita membuat profil rekam medis pribadi kita, mengimpor dari layanan lain, memberi kuasa kepada dokter kita untuk menambah atau menyuntingnya, atau bahkan menghubungkannya dengan layanan-layanan kesehatan pribadi di internet.

Google Health Screenshot

Dari penelusuran sekilas, sepertinya layanan ini masih belum banyak menawarkan fitur, terutama fitur yang dapat digunakan oleh masyarakat di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Namun menurut saya fitur yang potensial di sini ialah portabilitas data, interaktivitas serta kolaborasi. Jika media-media sosial menawarkan interaktivitas serta kolaborasi antar teman, sejawat dan keluarga, layanan rekam medis terhubung seperti ini dapat menggunakan prinsip yang serupa untuk diterapkan kepada hubungan pasien, dokter, institusi kesehatan, asuransi dan sebagainya.

Selengkapnya