Mencoba Scoop dan Udemy

Sudah sejak beberapa tahun terakhir, saya terbiasa menggunakan tablet untuk kegiatan membaca, baik buku-buku hiburan (novel, komik), maupun buku-buku pelajaran & referensi kedokteran. Bisa dibilang saat ini porsi membaca buku digital saya lebih tinggi daripada membaca buku fisik. Alasan-alasannya antara lain karena praktis. Hanya satu tablet yang saya bawa, bisa mewakili tumpukan buku tebal yang tentu saja tidak mungkin dibawa-bawa.

Nah, sejak beberapa bulan lalu, karena pindah kerja ke remote area, saya tidak bisa lagi mendapatkan koran pagi. Dan karena tergiur iklan, akhirnya saya menginstal aplikasi Scoop, berlangganan akun premiumnya, dan berlangganan koran Kompas pagi.

scoop

Selama ini, sulit sekali mendapatkan e-book terbitan lokal yang berkualitas. Dulu pernah juga saya menjelajahi Google Play Book, isinya masih sedikit, dan campur aduk antara buku dari beberapa perusahaan penerbit (termasuk yang belum punya nama), hingga dokumen yang disajikan ala kadarnya, oleh pengguna perorangan. Sementara di Scoop, sebagian besar merupakan buku-buku terbitan Kompas Gramedia. Mudah-mudahan penerbit-penerbit lain di Indonesia mengikuti jejak yang diambil Kompas Gramedia, dan ke depannya makin banyak konten-konten buku lokal yang dapat diakses secara digital dan (tentunya) secara legal.

Sejak beberapa hari yang lalu saya juga mencoba salah satu aplikasi kursus online, Udemy. Awalnya, karena akhir-akhir ini sering iseng-iseng belajar piano dan keyboard (sejak Alif les piano), sering mencari tutorial serta partitur. Dan akhirnya, lagi-lagi karena tergiur diskon kursus dari pianoforall, saya daftar/beli kursusnya. Sudah cukup lama saya mengenal Udemy, namun hanya melihat-lihat dan belum pernah mencoba membeli/mendaftar kursus. Dan kesan saya setelah mencobanya, ternyata asyik juga. Kelebihannya jika mengakses kursus menggunakan aplikasi, kita bisa menyimpan kursus (dokumen ataupun videonya) secara offline dan kita baca/putar nanti ketika ada waktu.

udemy

Oke, sekarang ada tambahan 2 hal yang bisa dilakukan di sela-sela waktu luang, di mana pun saya berada. Cukup menggunakan tablet usang saya ini. :D

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *