MedPedia–Ensiklopedia Kolaboratif di Bidang Kedokteran

Image Hosted by ImageShack.us
Logo MedPedia

Satu lagi proyek yang akan memperkaya sumber daya ilmu kedokteran dan kesehatan di dunia maya. MedPedia, sebuah proyek wiki yang berjalan di atas MediaWiki, akan menjadi sebuah ensiklopedia yang terbuka bagi para kontributor untuk turut berperan aktif menyumbangkan konten ke dalamnya. Sebagai wiki bertema spesifik di bidang kedokteran, diharapkan ke depan komunitas kedokteran (para praktisi-praktisi dan akademisi medis) akan menjadi kontributor utamanya sehingga keabsahan dan keakuratan artikel dapat terjaga.

Saat ini situs tersebut masih berada dalam fase closed beta. Kita hanya dapat melihat pratampil situsnya. Para profesional medis dapat mendaftarkan diri untuk menjadi kontributor. MedPedia sendiri sudah menggandeng Harvard, Stanford, Berkeley, U. of Michigan dan American College of Physicians sebagai mitra. Saat ini organisasi-organisasi itu sedang membuat bibit-bibit konten dan membuat taut-taut antar halaman sebagai landasan jaringan konten di wiki ini. Rencananya akhir tahun 2008 ini situs ini baru diluncurkan.

Apa bedanya MedPedia ini dengan WikiPedia?

Berdasarkan keterangan di halaman FAQnya, berikut poin-poin perbedaannya:

  1. Media 100% memfokuskan isinya ke topik-topik kesehatan, kedokteran dan berbagai hal mengenai tubuh manusia, sedangkan di WikiPedia, konten yang terkait kesehatan dan kedokteran hanya berkisar kurang dari 2%.
  2. Terdapat infrastruktur jejaring profesi di dalamnya
  3. Tidak sembarangan orang bisa mengubah konten. Hanya para profesional medis yang telah melengkapi profilnya, telah melamar untuk menjadi editor, dan diterima oleh komunitas yang boleh melakukannya
  4. Terdapat sister page untuk setiap halaman artikel. Sister page tersebut diantaranya ialah Technical, Debate, Accredited

Target pembaca MedPedia

Image Hosted by ImageShack.us
Gambar Pratampil MedPedia. Sumber: http://medpedia.com

Walaupun kesempatan untuk berkontribusi benar-benar dibatasi untuk para praktisi medis, namun mereka yang awam dengan dunia kedokteran tak perlu khawatir akan tidak paham dengan materi yang disampaikan di situs ini. MedPedia ditujukan untuk semua orang yang tertarik dengan informasi kesehatan dan kedokteran. Bahasa yang digunakan di sini akan dibuat sedemikian rupa sehingga akan dimengerti oleh pembaca setingkat SMU. Jadi akan sedikit sekali jargon-jargon dunia kedokteran yang ditampilkan di halaman utama artikel. Sedangkan informasi-informasi yang lebih teknis akan dapat diperoleh dari Technical sister page tadi.

15 komentar pada “MedPedia–Ensiklopedia Kolaboratif di Bidang Kedokteran

  • 25 Juli 2008 pada 01:58
    Permalink

    Mau bo0king tempat dl. Lg ol di hp. Ntar k0men beneran kalo dah ol dik0mpie

  • 29 Juli 2008 pada 23:31
    Permalink

    masih lama yah…
    ntar ada versi (lang) Indonesia gak Hud ?

  • 3 Agustus 2008 pada 06:47
    Permalink

    jd dah ada askdrwiki ama wiserwiki jg..ada lainnya lagi??
    tinggal nunggu edisi indonesia hud..moga banyak partisipan nantinya :)

  • 17 Agustus 2008 pada 19:21
    Permalink

    wah semakin banyak aja saingan wikipedia, teakhir knol yg langsung dari google. dan sekarang madpedia. Memang sih wikipedia terlalu general. tapi sy yakin mereka akan bertahan hidup (bagaimana pun caranya) kecuali bakal terjadi kontoversi sedemikian besar sampe2 mereka ngak bisa bertahan. terhir mereka ada masalah pendaaan, yah sampe2 ada label donasi (kalau ngak salah) :)

  • 20 Agustus 2008 pada 18:58
    Permalink

    argh.. pepeng (coret2 s) curang..mesti komen kopi paste kui.. [00t]

  • 1 September 2008 pada 09:50
    Permalink

    Sempet kepikiran untuk bikin versi Indonesia-nya. Ayo dokter-dokter online pada ngumpul. Hehe…

  • 8 September 2008 pada 15:51
    Permalink

    @Deddy

    Monggo bikin aja. Bikin sih gak susah. Yang agak susah bagaimana cara mengelolanya :D. Apalagi kesibukan para dokter itu menjadi tantangan tersendiri :)

  • 14 September 2008 pada 18:27
    Permalink

    kita tunggu tanggal maennya, thanks bos atas info-nya

  • 14 September 2008 pada 20:37
    Permalink

    welehh..
    ini para dokter-dokter kok pada ngeblog..
    aku sudah nungging dr 2 jam tadi..
    kapan nyuntiknya oom..
    hehehe.. :)

  • 30 Oktober 2008 pada 12:15
    Permalink

    Menurut saya MedPedia merupakan sebuah ide yang bagus, karena hanya sedikit orang yang mengerti tentang kedokteran. Semoga saja situs ini ditujukan untuk orang awam, bukan untuk para dokter.

    Terima kasih atas komentar anda di Koran Saya. Saya juga kecewa dengan tidak tayangnya Spring Waltz.

  • 22 November 2008 pada 13:26
    Permalink

    Bos, mau tanya dong. Kok setelah publish post di web sy di http://phang.arianton.com tulisannya berantakan. semua tag tidak ada. itu kejadian setelah pindah hostin ke hostpojok.com saking herannya. sy bikin wp baru pake fantatisco, tapi hasilnya tetep sama. suatu ketika sy coba publish dengan artikel yang sama ke hosting phang.arianton.com di hosting hostpojok hasil hancur terus publish lagi ke hosting lain (WP jg) tulisannya mantap alias normal. Sy udah hub. pihak hosting tapi dia jg gak ngerti bisa begitu. Oh…yach sy post menggunakan WLW dan Post2Blog.

    Sedangkan post via web (wp-admin) semua bagus. Sy jarang ada waktu bisa bukan web sendiri. Tuuooolllonngg dong….
    Kenapa bisa begitu? Bisa kasih pencerahan gak kang?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *