Beta Testing Situs WordPress Indonesia dan WordPress 2.3

Sejak beberapa minggu lalu saya dan para penerjemah WordPress lain sedang melakukan beta-testing situs lokal resmi WordPress. Karena saya mengelola repositori pelokalan Bahasa Indonesia WordPress, tanggung jawab pengelolaan situs lokal WordPress Indonesia pun diserahkan kepada saya.

Untuk itu saya ingin mengumumkan beberapa hal:

  1. Situs resmi WordPress Indonesia sudah dapat diakses di http://id.wordpress.org. Saat ini sedang dalam fase beta.
  2. Forum WordPress lokal di mana kita bisa berdiskusi mengenai WordPress sudah dibuat di http://id.forums.wordpress.org. Bagi Anda yang memiliki akun forum WordPress tidak usah mendaftar lagi karena database penggunanya terintegrasi dengan forum internasional.
  3. Sekarang Anda tidak perlu repot-repot melakukan injeksi berkas id_ID.mo ke dalam instalasi WordPress Anda, karena saat ini disediakan rilis lokal WordPress. Anda dapat mengunduh rilis Bahasa Indonesia dari situs lokal WP Indonesia.
  4. Ke depan direncanakan untuk membangun Codex ber Bahasa Indonesia, yang isinya merupakan terjemahan dari Codex internasional, dengan sedikit penyesuaian. Untuk sementara ini saya sudah menginstal purwarupa nya di http://id.wordpress.net/codex. Dimohon partisipasi dan kontribusi dari segenap pengguna WordPress.
  5. Jika ingin turut berkontribusi, terutama menjadi relawan di penerjemahan WP, Codex dan Forum Dukungan, saya sudah membuatkan milis di wp-indonesia@googlegroups.com

Ditunggu segala masukan, kritik dan partisipasinya :)

Untuk rilis WordPress Bahasa Indonesia, saat ini sudah tersedia hingga versi 2.3 (rilis versi lokal ini hanya berselang sehari dengan versi internasionalnya). Mohon bantuan segenap pengguna WP sekalian untuk turut mencoba mengunduh dan menginstal, menilai dan memberi masukan jika ada kekurangan-kekurangan.

22 komentar pada “Beta Testing Situs WordPress Indonesia dan WordPress 2.3

  • 27 September 2007 pada 02:51
    Permalink

    this could be big for WordPress…

    mantapp..

  • 28 September 2007 pada 16:29
    Permalink

    @dani:
    Boleh2 aja koq :d

    @gerry:
    oke mas.. ditunggu partisipasinya…

  • 28 September 2007 pada 23:09
    Permalink

    Salam kenal bung Huda. Anda luar biasa. Saya salut. Keep blogging bro!

  • 29 September 2007 pada 12:45
    Permalink

    @Asta Qauliyah

    Salam kenal juga. Thx, Anda juga luar biasa… Masih sempat mendulang uang lewat blog sambil kuliah dan memimpin organisasi..

    betewe, tukeran link dong..

    Yakin Usaha Sampai!! :)

  • 29 September 2007 pada 14:20
    Permalink

    kok aLe baru unduh dan install hasilnya gak bhs indonesia ya oM? :-??

    *lirik koment atas pas*
    kok ada ‘Yakin Usaha Sampai!!’, oM huda kader HMI kah :)

  • 30 September 2007 pada 01:10
    Permalink

    Wah.., jadi author resmi nya WP-ID ya mas.. mantap.. mantap.. :D

  • 30 September 2007 pada 04:44
    Permalink

    wooo. wordpress makin mantep aja nih…

  • 30 September 2007 pada 06:21
    Permalink

    banyak kata kata atau istilah istilah asing yang sulit diterjemahkan ke bahasa indonesia, walaupun ada padanannya tetapi terasa aneh di telinga…hal ini merupakan tantangan tersendiri buat penerjemah wordpress…:)

    btw, selamat bro…

  • 30 September 2007 pada 09:43
    Permalink

    wuaaaaaaaaaah Hebat uuy, met berjuang ajah mas, mantap

  • 1 Oktober 2007 pada 01:18
    Permalink

    salam kenal mas..

    wah kalo saya mau ikutan gabung gimana caranya y?

  • 1 Oktober 2007 pada 10:50
    Permalink

    Maaf kalau menjawabnya sekaligus :)

    @aLe:
    Boleh lebih rinci lagi? versi berapa yg diunduh? Biar aku periksa. Kalau tyt salah instal/salah liat :d mohon konfirmasi ulang jg ya..

    Iya, aq kader HMI. Tapi jgn panggil om dong.. masih kul nee..

    @Okto Silaban:
    iya mas :)

    @finkz:
    ayo dukung juga :)

    @imcw:
    yaa.. memang agak susah. Aq jg berkoordinasi dengan rekan2 penerjemah aplikasi web/desktop lainnya via milis i15n. Kita juga nyusun sumberdaya di wiki nya i15n utk membantu siapapun yg ingin berkontribusi menerjemahkan aplikasi apapun (kebanyakan sih aplikasi Open Source). Kalau tidak ada kata yg tepat, lewat diskusi kita bisa menyerap kata atau bahkan janjian/sepakatan membuat kata baru (neologisme) :).

    @liezmaya:
    kayaknya sampeyan pemerhati Bhs Sunda ya? Sekalian aja mbak, bikin terjemahan Bhs Sunda u/ WP :-)

    @sandi:
    Gabung dan turut berkontribusi ada banyak cara:
    1. Menjadi relawan di forum, menjawab pertanyaan2 dari pengguna lain yg mengalami kesulitan
    2. Menjadi kontributor dan penerjemah Codex. Bisa langsung daftar ke id.wordpress.net/codex
    3. Membantu menyempurnakan penerjemahan. Bagi yang awam, cukup memberi masukan via Forum Dukungan. Bikin topik aja di bawah i18n, l10n, i15n. Jika mengerti tentang penerjemahan aplikasi di sistem UNIX menggunakan gettext bisa kirim2an koreksi berkas .po nya ke saya. Bagi yang terbiasa melakukan version controlling, terutama menggunakan “SVN” bisa bertukar berkas patchnya dengan saya. Kalau mau serius dan bersedia berpusing2 ria menyinkronkan penerjemahan di setiap rilis wordpress yg baru, bisa japri aku… nanti bisa dikasih akses commit. Syaratnya, mau berkorban waktu dan mengerti memakai SVN, gettext dan Linux Shell
    4. Jika ingin melakukan salah satu atau lebih dari pilihan di atas, silakan join terlebih dahulu ke milis wp-indonesia@googlegroups.com

  • 3 Oktober 2007 pada 12:52
    Permalink

    @aLe:

    Aku udah coba.. gak ada masalah tuh dengan instalasi WP 2.3 id nya.. Semuanya dalam Bhs Indonesia…

  • 4 Oktober 2007 pada 00:25
    Permalink

    Waduh, terlanjur ikutan grup nih, bisa apa ya aku ;) bantu apa aja deh
    Salut deh mas
    Good 3x *kayak iklan bintang tu*** *

  • 7 Oktober 2007 pada 19:29
    Permalink

    wuih… mantep…
    btw, cara upgrade wordpress gimana yah?
    soalnya males banget kalo harus ngulang dari awal..

    daku pake kalo ga salah wp 2.2.1…
    bisa upgrade ke wp 2.3-id?

    thx…

  • 7 Oktober 2007 pada 20:04
    Permalink

    @bakazero:
    Upgrade wordpress biasanya secara garis besar:

    1. Backup database dulu.
    2. Timpa seluruh berkas WP di server kecuali dalam folder /wp-content/ dan berkas lain yg udah kamu modifikasi, seperti wp-config.php, .htaccess, dsb. (hati2 dengan yg terakhir ini)
    3. Buka /wp-admin/upgrade.php, ikuti petunjuk2nya. Secara otomatis segala perubahan database yg perlu akan dilakukan.
    4. Selesai :)

    Upgrade dari WP Bhs Inggris ke versi lokal bisa aja. Namun ada sedikit penyesuaian yg harus kamu lakukan sebelum mengeksekusi /wp-admin/upgrade.php:

    1. Upload folder /wp-content/languages/ dan /wp-content/themes/default/ (/wp-content/themes/default/) akan menimpa folder terdahulu.
    2. Buka wp-config.php, ubah nilai dari WPLANG menjadi “id_ID”

    Namun karena kamu tidak melewati proses instalasi, ada sebagian string yg tidak ikut diterjemahkan, karena string tersebut diterjemahkan sewaktu menjalankan instalasi.
    Misalnya:

    1. Label User Role seperti Administrator, Editor, Writer, Subscriber tidak akan diterjemahkan menjadi Administrator, Penyunting, Penulis, Pelanggan
    2. Locale settings seperti Penulisan Tanggal dan waktu ala Indonesia (ini bisa diubah di Options), penulisan angka spt pemisah penanda desimal dan pemisah ribuan (baru di WP 2.3)
    3. Nama kategori standar “Untitled” tidak akan menjadi “Tak Berkategori”. Namun ini juga bisa diubah secara manual.
    4. Tulisan contoh “Hello World”. Namun ini tidak penting sih

    Hmm.. apa lagi ya? Saya tidak hapal semua.

    Satu lagi yg perlu diingat, Yg paling berperan menentukan tampilan blog kamu itu adalah themes (tema). Jadi walaupun locale environment blog kamu sudah dalam Bhs Indonesia, tidak merubah tampilan blog kamu kecuali tema itu kamu sunting sendiri. Yg terlihat langsung mgk adalah halaman administraso (wp-admin)

    Tema yang saya sertakan dlm paket WP lokal ini hanya tema standar (default theme).

  • 31 Oktober 2007 pada 13:11
    Permalink

    Ada cara nggak mengubah database en jadi id?

    Soalnya udah sempat upgrade ke 2.3.1 tapi instalasi awal masih menggunakan en, situs ini baru saya lihat pas mencari2 cara menerjemahkan format tanggal en ke id.

  • 31 Oktober 2007 pada 13:19
    Permalink

    Ups, ternyata tinggal ganti WPLANG jadi “id_ID” langsung beres hehehe…

    Maklum baru kali ini mau make bahasa indonesia, habis lagi ngurusin situs kantor yang notabene situs go.id. :) alamatnya http://www.metalurgi.lipi.go.id

    Thanks bro.

    Eh, btw bisa ikutan gak jadi penulis/penerjemah di id.wordpress.org? Pengen banget bisa memberikan sesuatu ke komunitas wordpress :)

  • 31 Oktober 2007 pada 18:01
    Permalink

    @Daniel Malau:
    iya mas, tinggal mengubah WPLANG menjadi “id_ID”. Namun ada string-string yang ada dalam basis data yang harus diubah secara manual. Seperti komentar saya yang ini [1].

    Rencana saya tadi ingin membuat blog WP Indonesia yang didesain sedemikian rupa sehingga fleksibel, bisa diisi apa saja, dan siapa saja. Isinya macam2, ada berita tentang proyek penerjemahan ini, lalu tips n trik, terintegrasi dengan forum, codex, dsb. Saya sudah sempat diberi izin pemakaian url http://id.wordpress.net/. Namun dari pihak WP nya kemudian membuat proyek penyeragaman situs resmi lokal dan memberikan format yang sedikit lebih kaku dan datar seperti id.wordpress.org, namun dilengkapi dengan tool untuk mempercepat proses kompilasi paket lokal. Sementara ini, tulisan yang ada di id.wordpress.org masih terbatas proses pelokalan Bhs Indonesia itu sendiri.

    Jika mas Daniel ingin berkontribusi menulis tutorial, dsb, mas Daniel bisa mengisinya di Codex Bahasa Indonesia [2]. Juga bisa turut membantu rekan-rekan yang butuh bantuan di forum [3].

    Mau ikutan jadi penerjemah juga boleh mas. Mas Daniel biasa menggunakan program kendali versi (version control) seperti SVN? Jika serius ingin turut membantu, dilanjutkan ngobrol di milis wp-indonesia@googlegroups.com aja mas.

    [1]http://www.hudatoriq.web.id/2007/09/26/beta-testing-situs-wordpress-indonesia-dan-wordpress-23/#comment-950
    [2]http://id.wordpress.net/codex
    [3]http://id.forums.wordpress.org

  • Pingback: WordPress Indonesia (id.wordpress.org) « ulinnuha

  • 23 Juli 2008 pada 15:41
    Permalink

    Hallo salam kenal mas Huda.
    Mau tanya mas kenapa Wp v2.5.1 tidak bisa pilih category.
    Saya gunakan wp v2.5.1 untuk situs iklan baris, tapi kenapa jika kita pilih category (misalkan) bisnis, kendaraan atau apalah selalu masuk ke Uncategory.
    Padahal sebelumnya tidak begitu, setelah berjalan hampir 2bln tiba2 tidak bisa pilih category.
    kalo kita lihat di Cpanel bisa makan disc space sampai penuh, dan di file legency file manageman ada keluar file CORE 21382, CORE 45232, CORE 73238, CORE 49282, ….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *