Menginstal FileZilla di USB FlashDisk

FileZilla ScreenshotFileZilla – sebuah peranti lunak klien FTP (File Transfer Protocol) yang bersifat Open Source semakin banyak digunakan dan mulai menyingkirkan penggunaan peranti lunak sejenis lainnya. Namun mungkin sebagian pengguna belum menyadari bahwa sebenarnya peranti lunak ini sangatlah portabel.

Laiknya sebuah klien FTP, ukuran program ini tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan USB FlashDisk – media penyimpanan yang dimiliki oleh sebagian besar orang yang sering bersentuhan dengan komputer. Lebih lagi, dalam proses instalasi kita diberi pilihan untuk menyimpan konfigurasi untuk program ini di dalam Windows registry atau dalam sebuah file XML yang diletakkan dalam direktori yang sama. Dengan memilih opsi yang kedua tentunya menjadikan program ini dapat diinstal di mana pun termasuk di dalam USB FlashDisk sendiri. Ruang yang digunakan paska proses instalasi pun kecil, tidak lebih dari 20Mb.

Hal ini tentunya amat membantu mereka mobile dan sering diharuskan untuk melakukan FTP ke remote server namun tidak punya mobile internet access. Contohnya para blogger seperti saya ini :D. Memang peranti klien FTP bukanlah merupakan peranti wajib sebuah komputer – berbeda dengan web browser. Saya sudah sejak lama menggunakan cara ini, dan ini benar-benar amat membantu saya.

Bayangkan saja bila tidak bisa begini. Di saat kita harus berhubungan dengan server pribadi kita dan tidak ada komputer yang dilengkapi dengan klien FTP, tentu kita harus melakukan FTP dengan Command Line. Kalau cuma mengunggah/mengunduh satu file sih tidak masalah. Bagaimana kalau puluhan atau ratusan? Alternatif selain Command Line mungkin dengan menggunakan File Manager yang disediakan di server hosting kita menggunakan HTTP dengan web browser, misalnya dengan aplikasi web yang sudah terintegrasi dengan CPanel atau WebCP. Tapi tetap saja itu merepotkan kalau kita berurusan dengan file yang banyak.

Dengan menginstal FileZilla di Flash Diskmu, Anda memiliki akses ke server Anda di manapun Anda berada asalkan di sekitar Anda ada koneksi internet. Cukup menancapkan USB FlashDisk Anda ke komputer di tempat umum yang terkoneksi internet (misalnya warnet) atau laptop teman yang Anda jumpai yang berada dalam cakupan Wireless Network (istilahnya nebeng :p).

9 komentar pada “Menginstal FileZilla di USB FlashDisk

  • 11 Maret 2007 pada 12:44
    Permalink

    kemarin saya baru saja download PortableApps Suite. Isinya mantab. Ada FIileZilla, Thunderbird, FireFox, DataRecovery Tools, OpenOffice, Sunbird, hingga ClamAV yang tentu saja semuanay portabel..

    Saya jadi teringat Windows temen saya yg seluruh palikasinya adalah aplikasi Portable, baik yg free software dan juga yg “free” :D

    Konon denger-denger ada juga WIndows XP Portabel bikinan para heker.. Edian..

    Keuntungannya pake Portable apps tentu saja adalah kita bisa dengan mudah menggunakan aplikasi itu di mana saja dan kapan saja.. :D

    Ndak hanya di flashdisk, bahkan pake hardisk ekternal pun bisa.. :D

  • 11 Maret 2007 pada 21:21
    Permalink

    mungkin suatu saat nanti kita kembali seperti jaman dulu kala, waktu Home PC gak pake hardisk, utk booting aja musti masukin disket 5 1/4 inchi :D. Cuma bedanya nanti disket diganti dengan USB FlashDisk ato CD ato DVD. Trus aplikasi2 seperti Office, Graphic Editing, dsb tersedia di internet dengan fitur AJAX.. ck5x….

    Wah, kalo ada Live CD Windows XP asik dong… ke mana2 bawa kantong CD beres ya… Bisa download ISO nya di mana? :p

  • 15 Maret 2007 pada 18:07
    Permalink

    wHaa Huda,, saya ga gitu ngerti tentang teknologi yg seperti ini..

    tapi sepertinya ini banyak memudahkan kita yg ngerti dengan penggunaannya..

    ya, teknologi memang smakin maju :)

    ummbbb, eniweeeyyy, nginstalnya memakan waktu yg lama ga sih? bikin “berat” kompi ga? ya, emang sih kalo baca postinganmu kayanya ga berat, ya? tapi aku takut aja soalnya kompiku ini suka lemod ‘coz udah banyak banged “pretelannya”. huahuahua x)

  • 16 Maret 2007 pada 05:45
    Permalink

    PortableApps Suite memang sangat berguna.
    Kalau nak browse ada Firefox,
    E-mail ada Thunderbird,
    Ftp ada Filezilla,
    juga ada Openoffice dan banyak lagi.

    Mustahak bagi saya
    Firefox boleh ‘organize’ ‘favorites’ ,
    Filezilla boleh ‘organize’ semua hosting yang saya ada,
    Thunderbird boleh ‘organize’ semua email dari hosting berlainan. Bayang kalau 1 hosting ada 10 email kalau 5 hosting dah jadi 50 email, nak ‘organize’ boleh pening kepala.

    Yang paling mustahak semuanya boleh pindah-pindah(portable), kalau ‘outstation’ pun masih boleh ‘organize’ web dan semuanya dalam satu pakej.

  • 16 Maret 2007 pada 09:15
    Permalink

    @nieke:
    ya klo bogging pake blogspot kayaknya belum perlu deh.. kecuali kamu punya website di satu tempat hosting

    @amirais:
    yup… emang enak. Apalagi kita bisa milih aplikasi yg kita butuhkan. kita jadi punya kontrol full terhadap website & server2 kita di mana pun kita berada.

  • 16 Maret 2007 pada 11:39
    Permalink

    buat yang baca pesan ini, aq minta tolong ada gak istilah-istilah kedokteran yang sering dipake sehari-hari ??
    aq bingung kalau dokter pake istilah tersebut…kalau ada tlg kirim ke email aq ya …. Tq (ekojunistianto@yahoo.co.id)

  • 15 April 2007 pada 14:07
    Permalink

    Salam Kenal
    Trimakasih Atas berita nya nanti aq coba
    sudah aku download.
    :)>-

  • 1 Mei 2007 pada 20:20
    Permalink

    Mas Huda, please ajarin nginstall filezilla di flashdisk, trus ngisi Adress, User, password, portnya gimana, sy ga tau angka-angka itu dapet dari mana, maklumlah pemula…. makasih Mas Huda.

    NB. Kalau bisa di attach ke emailku ya…

  • 30 April 2008 pada 16:06
    Permalink

    1. kunjungi http://portableapps.com/
    2. download
    3. ekstrak ke flashdisk (min 1g, biar space kosong masih banyak) atau hardisk ekternal
    4. klik icon aplikasinya.. dah selesai

    sangat berguna bila internet kamu masih pake warnet, untuk jaga kerahasiaan dan bookmark

    hanya saja, menurutku portableapps masih kurang stabil.. terkadang terjadi hang atau aplikasi tak mau dipanggil bila sebelumnya telah terjadi crass

    moga2 ada update yang lebih bagus lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *