WordPress Bahasa Indonesia

Bangsa yang besar selalu mencintai serta bangga akan jatidirinya. Salah satunya ialah bangga terhadap bahasa nasional. Bagaimana dengan bangsa kita? Akhir-akhir ini mulai marak judul-judul lagu serta film dalam negeri yang menggunakan bahasa Inggris. Tidak salah sih kalau sekedar bentuk kebebasan berekspresi. Namun yang perlu dipertanyakan ialah hal yang mendorong ekspresi tersebut. Apa mereka menganggap bahasa Indonesia itu ketinggalan jaman, kampungan, ndeso?

Untuk istilah teknologi informasi bahkan kebanyakan orang lebih familiar dengan bahasa Inggris ketimbang bahasa Indonesia. Berapa persen orang sih yang tahu padanan kata download atau upload di bahasa Indonesia? Ya, kalau masalah ini juga masih disebabkan karena minimnya pengembang aplikasi dalam negeri. Tapi saya salut dengan sebagian media-media cetak dalam bidang IT kita yang membudayakan bahasa Indonesia dengan agak ‘memaksa’ menerjemahkan istilah-istilah seperti itu ke dalam bahasa Indonesia.

Ingin mengaplikasikan bahasa Indonesia ke dalam blog ini, yang berjalan di atas CMS WordPress, beberapa waktu yang lalu saya menjelajahi Codex nya WordPress, yang mereka sebut sebagai ‘the bible of WordPress’ untuk mencari internationalization WordPress, alias versi bahasa asing (bahasa selain bahasa Inggris) dari aplikasi web tersebut. Saya menemukan tautan ke versi bahasa Indonesia. Tetapi alangkah sayang ternyata tautannya sudah kadaluwarsa.

Akhirnya saya membuat localizationnya sendiri. Cara kerja localization WordPress memakai gettext translation framework, yaitu dengan mengganti semua string bahasa Inggris dalam fungsi _e($message) dan __($message) dengan padanan katanya yang sudah tersusun dalam suatu file. Jadi setiap kali ada request halaman, selain melakukan berbagai macam fungsi guna merangkai data-data posting, komentar, dan sebagainya, WordPress juga melakukan fungsi berikutnya yaitu menerjemahkan. Berat juga ya. Untungnya daftar padanan kata tersebut dibaca dari sebuah file binary (bahasa mesin), bukan file ASCII.

File berekstensi .mo (Machine Object) yang saya compile ini bisa diunduh para pengguna WordPress di sini. Lihat bagian akhir posting ini.
Instalasi:

  • Unggah file id.mo yang terdapat dalam file wp_id.zip ini sehingga path file tersebut menjadi /wp-includes/languages/id_ID.mo Secara default direktori /languages/ tersebut tidak ada. Jadi buatlah terlebih dahulu
  • Buka file ‘/wp-config.php’ Anda. Pergilah ke baris yang bertuliskan define ('WPLANG', ''); dan ubahlah menjadi define ('WPLANG', 'id_ID');
  • Reload halaman Admin Anda. Jika Anda pergi ke halaman admin, maka antarmuka menu-menu di sana akan berubah menjadi bahasa Indonesia

Mengapa halaman depan saya tidak berubah menjadi bahasa Indonesia? Itu karena theme yang Anda gunakan tidak mendukung gettext translation framework. Sederhananya pesan-pesan bahasa Inggris dalam theme tersebut tidak diletakkan dalam fungsi __($message) atau _e($message). Kalaupun sudah mendukung, Anda belum memiliki file id_ID.mo yang tepat. File id_ID.mo yang tadi saya sediakan hanya berisi tabel translasi admin serta string-string dasar seperti nama hari, bulan, tahun, dsb.

Anda bisa saja mengganti seluruh pesan-pesan bahasa Inggris tersebut secara manual dengan mengedit seluruh source code tema yang Anda pakai. Tapi saya sarankan Anda memakai theme yang mendukung gettext, sehingga Anda sewaktu-waktu dapat dengan mudah beralih dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan sebaliknya. Bahkan Anda bisa membuat blog bilingual. dengan plugin polyglot atau gengo.

Tema default WordPress (Kubrick) pun belum mendukung gettext. Namun Anda dapat mengunduh versi tema Kubrick yang sudah di-gettext-kan (semua pesan diletakkan dalam fungsi _e($message) dan __($message) di sini: default_gettext.zip. Tema tersebut di-gettext-kan oleh maira (saya dapat dari halaman polyglot) dan sudah sedikit saya modifikasi untuk kemudahan peletakan file dan saya tambahkan file id_ID.mo ke dalam direktorinya.

Atau Anda bisa menggunakan tema K2 (yang saya pakai). Tema ini sudah mendukung gettext. Anda dapat mengunduhnya di http://www.getk2.com. Saya sudah membuat file id_ID.mo untuk tema ini dan bisa Anda unduh: k2-id_ID.zip. Setelah diunduh dan diekstrak, letakkan file id_ID.mo di dalamnya ke direktori tema k2 Anda. Secara default berada di /wp-content/themes/k2/

Versi saya mungkin masih banyak kekurangan terutama kata-kata yang sulit dicarikan padanan katanya di bahasa Indonesia. Jika ada saran serta mengajak diskusi untuk mengembangkan localisasi ini harap hubungi saya di section komentar posting ini. Untuk membuat sendiri file .mo versi Anda, coba gunakan PoEdit. Keterangan selengkapnya bisa dibaca di Dokumentasi WordPress.

Sewaktu mencari informasi tentang gettext, saya sempat membaca tentang kode ISO 639 yaitu kode untuk bahasa di dunia. Bahasa Jawa juga punya kode ISO 639 lo, kodenya jw (kalau Indonesia id). Pesen buat anak-anak Loenpia, yuk bikin versi bahasa Jawa. Lumayan nih kerjaan buat Loenpia. Ayo kita ubah paradigma bahasa Jawa sebagai bahasa ndeso (gara-gara mas thukul ki…) menjadi bahasa gaul teknologi. Wikipedia bahasa Jawa aja udah ada kan.

UNDUH FILE

Versi WordPress Perbaruan terakhir Unduh
2.0.2 24 Mei 2007 wordpress-2.0.2-id_ID.zip
2.0.3 24 Mei 2007 wordpress-2.0.3-id_ID.zip
2.0.4 24 Mei 2007 wordpress-2.0.4-id_ID.zip
2.0.5 2 Juni 2007 wordpress-2.0.5-id_ID.zip
2.0.6 – 2.0.10 2 Juni 2007 wordpress-2.0.6-id_ID.zip
2.1 – 2.1.3 2 Juni 2007 wordpress-2.1-id_ID.zip
2.2 2 Juni 2007 wordpress-2.2-id_ID.zip

Keterangan:
Setiap file berekstensi .zip di atas berisi dua buah file, yaitu id_ID.mo dan id_ID.po. Hanya file id_ID.mo saja yang harus diunggah ke direktori lokalisasi WordPress di server Anda. File id_ID.po merupakan kode sumbernya yang dapat Anda gunakan jika ingin melakukan perubahan-perubahan terjemahan WordPress Anda.

Update – 26 Jan 2007:

file id.mo yang bisa Anda unduh di atas diperuntukkan untuk WordPress versi 2.1. Bagi yang belum mengupgrade, upgrade dulu ya … :)

Update – 12 Mar 2007:

Sekarang saya sertakan pula file source code translasi WordPress bahasa Indonesia. File id.po di dalam file wp_id.zip pada tautan di atas bisa Anda gunakan untuk membuat terjemahan bahasa Indonesia versi Anda sendiri. Untuk mengcompile menjadi file id.po dapat dengan menggunakan program PoEdit. Kalau Anda ingin mempublikasikan hasil terjemahan berdasarkan dari file id.po milik saya, jangan lupa untuk memberitahu saya terlebih dahulu. Kritik dan saran Anda saya tunggu agar terjemahan WordPress ini menjadi lebih sempurna.

Update – 30 Apr 2007:

Nama file id.mo dan id.po saya ubah menjadi id_ID.mo dan id_ID.po. Begitu pula settingan `WPLANG` dalam wp-config.php dari `id` menjadi `id_ID`.

Update – 3 Jun 2007:

Saya juga sudah mengerjakan versi-versi pendahulu serta versi-versi terbaru WordPress. Mulai saat ini saya sediakan terjemahan dari berbagai versi, tergantung dari versi WordPress yang digunakan. Ke depan Insya Allah akan selalu saya update jika ada rilis-rilis versi-versi berikutnya.

Update – 25 Jul 2007:

Sejak beberapa waktu yang lalu saya telah diberi akses ‘commit’ ke repository pelokalan resmi WordPress. File id_ID.po dan id_ID.mo sudah saya letakkan di sana. Untuk ke depan, setiap kali WordPress meluncurkan versi terbarunya akan saya susulkan pelokalan Bahasa Indonesianya secepatnya di repository tersebut, juga distro Bahasa Indonesianya (versi paket penuh WordPress Bahasa Indonesia).

Anda bisa merambah ke direktori-direktorinya untuk mencari berkas id_ID.mo dan id_ID.po sesuai versi yang Anda butuhkan. Tapi untuk mengunduh distro Bahasa Indonesianya saya sarankan menggunakan SubVersioN client.

85 komentar pada “WordPress Bahasa Indonesia

  • 18 Juni 2007 pada 12:10
    Permalink

    Om Huda …. ajar dong ?
    Gimananya caranya merubah dan menambah database pada Worpress, termasuk kategorinya.

    Oh ya… boleh nggak numpang-nampang di blog ini … (eh…eh… kalo gue punya blog udah jadi, bo).

    Salam sukses selalu,
    Trims, downloadnya.
    Sincerely, …

    by
    Ulie

  • 18 Juni 2007 pada 13:51
    Permalink

    @ardian:
    sama-sama

    @Rajakumara (atau ulie??)
    wah, kalau yg dimaksud benar-benar ‘merubah database’, bisa dengan phpmyadmin dari hosting sampeyan. Tapi kalau hanya sekedar mengatur2, nambah2 kategori, semua ada kok menunya di panel admin ([url_blog_kamu]/wp-admin).

    aduuuh.. saya ini belum om om.. masih kuliah euy…

  • 18 Juni 2007 pada 14:09
    Permalink

    Thanks, for you assist….

    gue juga gitu …. moga dapat rangking satu di pelajaran dan top rangking di Webblog.

    Ada ya, tips-tips untuk merubah database WordPress sehingga bisa konek dengan database wordpress ? Kalo ada … tulungin dong di konfikan ke gue

    Thanks.

  • 18 Juni 2007 pada 19:56
    Permalink

    @Rajakumara:

    Ada ya, tips-tips untuk merubah database WordPress sehingga bisa konek dengan database wordpress ? Kalo ada … tulungin dong di konfikan ke gue

    Saya agak tidak mengerti maksud saudara.. maaf, bisa diperjelas lagi?

  • 22 Juni 2007 pada 22:37
    Permalink

    Assalamu’alaikum, wr, wb.

    aku bener2 ga tau tentang dunia ginian, tapi aku sangat tertarik sekali, pengin rasanya bisa utak-atik. Tapi masalahnya mo mulai darimana?…..

    Bisa ga ya, kasih masukan buat saya???
    Gimana cara memulai tuk design web yg praktis (instan gitu lho)

    Wassalam.

  • 23 Juni 2007 pada 20:59
    Permalink

    :d/ Pas lagi semangat-semangatnya mencari-cari info tentang WP, pas menemukan tulisan ini di Google. Trims atas share’y ya Mas. Aku bener2 buta tentang script, tapi saat ini sedang semangat cari-cari ilmu, jadi butuh “tutor” dari yang sudah mengerti.

  • 18 Juli 2007 pada 10:48
    Permalink

    om mo nanya neh web gw ko ga bisa di pasangin cbox n kode html atau pun java script yah..padahal sebelumnya bisa.

    jadi bingung neh…

    mohon bantuannya yah…

  • 19 Juli 2007 pada 16:14
    Permalink

    bagus juga tuch, gwe juga baru belajar ngeblog. terima kasih atas infonya semoga bisadi update terus.

    Salam Revolusioner

  • 25 Juli 2007 pada 08:54
    Permalink

    @tyok:
    wah.. teliti sekali mbacanya :) makasih atas koreksinya mas…

  • 27 Juli 2007 pada 19:36
    Permalink

    kaka-kaka bantuin saya donk….gimana siih cara ngaploud di wordpress???
    baru belajar niih

  • 31 Juli 2007 pada 10:23
    Permalink

    Thanks Bos
    Saya Download Dulu

    Trus Mau tanya , ada nggak Blue_k2 yang support wordpress 2.2 ?

  • 31 Juli 2007 pada 15:34
    Permalink

    Thank Mas

    blog ku dah bisa pake Bahasa Indonesia, tapi kenapa hanya dibagian admin nya saja ya.. pas aku buka blog aku (bukan halaman admin) masih pake bahasa inggris… minta sarannya ya Mas

  • 2 Agustus 2007 pada 06:23
    Permalink

    sip mas, udah tak coba dan berhasil

  • 2 Agustus 2007 pada 13:40
    Permalink

    @dedyisn:
    Blue K2 itu hanya merupakan style dari tema K2. Jadi hanya seperti ´skin´’saja. Untuk masalah kompatibilitas, itu pengaruh dari tema nya, dalam hal ini instalasi tema K2 Anda. K2 yg terbaru mendukung K2 kok. Mungkin perlu sedikit penyesuaian, yaitu dengan mematikan widget yang secara otomatis terinstal di wordpress versi 2.2. Bisa baca tulisan saya yang ini

    @omdien:
    Seperti yang saya tulis di atas, pelokalan ini memang hanya menerjemahkan seksi admin serta locale2 ke Bahasa Indonesia. Tema dan plugin merupakan komponen terpisah yang masing-masing harus dilokalkan juga secara terpisah. Gak mungkin kan secara luas menerjemahkan pesan-pesan/ string dalam segala macam tema. Lha kan pesan-pesan/teks-teks tiap tema beda-beda.

    Untuk penerjemahan tema, bisa dilakukan dengan dua cara (sbenernya udah saya tulis di atas): (1) secara manual menyunting berkas PHP dari tema Anda. (2) Membuat pelokalan gettext dari tema yang mendukung gettext. Cara yang kedua ini kira-kira mirip dengan pelokalan skrip inti WordPress yg saya sertakan ini.

    Untuk tema default, memang sampai saat ini sengaja dibuat agar tidak bisa dilokalkan dengan gettext. Ada sedikit perdebatan di antara para pengembang WordPress mengenai hal ini. Di satu sisi banyak pengguna-pengguna yang ingin agar tema default mendukung gettext, namun di sisi lain banyak yang berpendapat bahwa jika tema gettext ditulis dengan fungsi-fungsi gettext, maka akan membingungkan bagi para pengguna awam yang ingin mengutak-atik tema default, karena beberapa cara penulisan fungsi yang terlihat rumit, terutama berkaitan dengan fungsi printf() dan sprintf(). Ini berkaitan dengan salah satu fungsi tema default yaitu sebagai batu pijakan untuk membuat berbagai macam tema lain.

    Banyak penerjemah yg juga menerjemahkan tema default secara manual lalu menyertakannya dalam distro WordPress bahasa mereka (bisa Anda telusuri di repository pelokalan WordPress di sini. Versi bahasa Indonesia juga sudah saya buat, bisa Anda unduh dari sana. Tapi kalau yang Anda ingin menggunakan tema lainnya, ya mau tidak mau harus menerjemahkan sendiri.

    Sebenarnya saya ingin membuat satu direktori penerjemahan tema-tema berbahasa Indonesia. Mungkin dalam waktu dekat, di http://id.wordpress.net (saat ini masih dalam persiapan. dalam jangka panjang mungkin juga akan pindah lagi ke http://id.wordpress.org). Pengembangan pelokalan skrip inti WordPress juga akan saya pindah kan ke sana, juga dengan forum WordPress berbahasa Indonesia di http://id.forums.wordpress.org/ (masih dalam tahap persiapan). Yang namanya tema, pastinya di sana banyak sekali jenisnya. Jadi saya harap ini akan dikerjakan secara beramai-ramai oleh komunitas WordPress yang peduli dengan penggunaan Bahasa Indonesia secara baku dalam blog maupun perangkat lunak lain. Dengan gotong royong seperti ini tentu hasil penerjemahannya juga akan semakin baik.

    @abdah:
    OK, mas. Gud luck

  • 5 Agustus 2007 pada 04:04
    Permalink

    assalamu’alaikum.

  • 5 Agustus 2007 pada 18:34
    Permalink

    @deni saktian:
    wa’alaikusalam

  • Pingback: Low Level Life » Blog Archive » rapih ga?

  • 18 Agustus 2007 pada 19:26
    Permalink

    Ayo Mas, Forum Indonesianya digarap lebih komplit lagi yaaaa ..
    keep good work !

  • 18 Agustus 2007 pada 20:02
    Permalink

    wah, ada yg kecantol juga :D padahal blum dipublikasiin
    masih ngoret2 kok mbak, :)

    Untuk forum sebenernya terintegrasi dengan forum internasionalnya. User database dsb. nya pun jadi satu. Saya gak py akses langsung ke sana. Cuma saya request begini begitu aja. Nanti saya koordinasi lagi dengan para adminnya.

    Klo yg situs WordPress Indonesianya (http://id.wordpress.net), saya megang akses CPanelnya. Ini lagi nyicil dikit2x.

    Nanti setelah landasannya udah bagus saya buka untuk umum yg mau berkontribusi, tapi gak ada reward kecuali namanya dicantumin sebagai salah satu kontributor :D.

    Pekerjaan besar yg bakalan butuh banyak orang nantinya mungkin proyek penerjemahan Codex. Saya lagi ngoret2 format Codex bhs Indonesianya. Ntar gabung ya mbak :).

    Selain itu jg butuh orang yg selalu standby di forum buat ngejawab pertanyaan2x..

    Tunggu berita selanjutnya ya :)

  • 18 Agustus 2007 pada 20:46
    Permalink

    Sip mas, aku tunggu kabarnya ya ..
    seneng kalo ada yang care sama WordPress :)
    favoritku banget soalnya hehehe

  • 28 Agustus 2007 pada 22:08
    Permalink

    Bravo…. sip banget, salut untuk para bloger-bloger mania biar tambah pinter.
    Mas kalau isa tolong diberi trik-trik untuk wordpress nya, yang komplet.
    Bravo bloger mania. thank’s

  • 3 September 2007 pada 20:32
    Permalink

    Wah keren mas…ajarin aku juga dunk

    Salam Kenal ya….

    Jadi mau murid mu nei….biar pinter…

    di tunggu ya mas bantuan nya……….

    send di mail aku aja ya…..

    dan add YM ku mas ya..di sif_af@yahoo.co.id

    Makasih mas……

  • 4 September 2007 pada 16:29
    Permalink

    @Afrija:
    Di artikel ini sudah ada cara pemakaiannya koq, tinggal diikutin aja. Klo ada yg bingung, jangan sungkan2 bertanya di bagian mana yg kurang jelas. Bisa via email atau via comment system blog ini, atau ke forum WordPress Indonesia [1] (baru)

    [1] http://id.forums.wordpress.org

  • Pingback: Ganti “Baju” | Asyiikk.. Bisa Ngeblog

  • 17 September 2007 pada 12:10
    Permalink

    Terima kasih atas file, saya akan coba di wordpress saya …

  • 17 September 2007 pada 13:07
    Permalink

    Silakan mas madhe. Halaman ini sepertinya sudah out-of-date. Saya sudah memindahkan file2nya ke repositori resmi WP [1]. Kalau sampeyan punya SVN client bisa di-“check-out” dari sana. Atau bisa juga dijelajahi dengan browser dan diambil file2 yg diperlukan.

    Misal: kalau ingin mengambil file pelokalan WP 2.2.3 (.mo dan .po), bisa ke direktori ini [2]. Insya Allah dlm waktu dekat akan dibuatkan halaman pengunduhan WP lokal Bhs Indonesia [3]

    [1] http://svn.automattic.com/wordpress-i18n/id_ID
    [2] http://svn.automattic.com/wordpress-i18n/id_ID/tags/2.2.3/messages/
    [3] http://id.wordpress.org

  • Pingback: Wordpress Berbahasa Indonesia « …^hanya^just^only^…

  • 10 April 2008 pada 12:38
    Permalink

    masa saya mau nanya, tadi saya berniat ngimport postingan dari blogger ke wp saya tapi ndak bisa, ada tulisan “Could not connect to https://www.google.com

    There was a problem opening a secure connection to Google. This is what went wrong:

    Unable to find the socket transport “ssl” – did you forget to enable it when you configured PHP? (16)”

    gimana mas? tolong donk plis :D
    solusinya?

  • 12 Juni 2008 pada 16:19
    Permalink

    assalamualaikum,,,,

    btw aku juga pernah loh,ngeblog tapi bhs jawa,,,,hikhik

    untungnya aku orang jawa jadi ngerti deh :) :)

  • Pingback: Ganti dengan Wordpress Berbahasa indonesia ( language Packs) | JuansuandiDotCom™

  • Pingback: Upgrade Wordpress 2.7 Inggris ke Bahasa Indonesia - PusatHosting Web Hosting Surabaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *