Aksi Simpatik Hari Kesehatan Nasional BEM KU Undip

Mahasiswa FK Undip sedang berorasi meneriakkan pesan-pesan kesehatanBermula dari agenda yang tidak direncanakan sebelumnya dalam rapat Pegurus Harian BEM KU Undip, akhirnya pada hari Minggu 12 November 2006 lalu, kami mahasiswa FK Undip mengadakan Aksi Simpatik dalam rangka Hari Kesehatan Nasional, yang memang jatuh pada tanggal tersebut setiap tahunnya. Aksi Simpatik yang kami lakukan cukup sederhana, dimulai dengan long march dari Kompleks Rumah Sakit Dokter Kariadi, melalui Jalan Dr. Kariadi, Jalan Menteri Supeno, Jalan Pahlawan, dan berakhir di Simpang Lima. Di Simpang Lima kami meneriakkan pesan-pesan kesehatan bagi masyarakat, mendirikan Posko Pemeriksaan tekanan darah gratis serta membagi-bagikan buletin dan permen yang diikatkan ke sebuah kertas berisi pesan-pesan kesehatan.

Aksi kami terbilang sukses, walaupun jumlah mahasiswa yang berpartisipasi kurang dari yang kami targetkan. Ini terbukti dari respon positif masyarakat kota Semarang yang biasa menghabiskan waktu hari Minggu pagi mereka di Simpang Lima. Mereka cukup antusias, terutama dalam memeriksakan tekanan darahnya di posko kami. Selain itu, mereka pun banyak bertanya tentang kesehatan mereka kepada kami, yang sebetulnya belum berkompeten dalam menerima konsultasi kesehatan.

Posko pemeriksaan tekanan darah gratisPosko pemeriksaan tekanan darah gratisSempat terdapat beberapa kendala yang kami alami dalam acara tersebut. Di antaranya ialah ‘pengusiran’ oleh petugas Ramayana Departement Store yang pekarangannya kami gunakan untuk mendirikan posko. Namun akhirnya kami berhasil menemukan tempat lain yang cuku strategis di lapangan Simpang Lima, sebelah depan Masjid Baiturrahman. Posko kami lanjutkan di sana. Pukul 09.00, kami akhiri acara aksi simpatik ini dan kembali pulang ke rumah masing-masing.

Satu komentar pada “Aksi Simpatik Hari Kesehatan Nasional BEM KU Undip

  • 4 Desember 2006 pada 12:26
    Permalink

    I think it’s very important, amazing n interest….Why?? Karena kita sendiri sbg manusia dan masyarakat yang sangat peduli tentang kesehatan, rasanya gak adil kalau tidak ikut campur dalam program menyehatkan diri sendiri, keluarga, lingkungan serta masyarakat…Kesehatan itu perlu dan penting banget..karena jiwa yang sehat tedapat iman yang kuat… Aksi yang dilakukan oleh mereka bener-bener acara yang seru,lutcu dan cukup mengharukan…Gimana tidak mahasiswanya sendiri gak on time,sewaktu long march long yang ikut cuma sedikit sih, trus sempat d protes sama masyarakat d sana Coz kita kayaknya menghalangi acara yg waktu itu bersamaan dg acara Bank mandiri atau bank apa yah !!..karena mereka melaksanakan gerak jalan dan kita kayaknya menghalangi rute merka…he..he…..Tapi respon dari warga sekitar cukup bagus, ada yang minta brosur yg kami berikan…Dan yang paling senangnya lagi mereka dgn senang hati mau ke stand kita untuk memeriksakan tensi mereka n bertanya tentang penyakit mereka apa?? ..Malahan ada ibu-ibu yang bertanya “apa saya tidak dikasih obat mba” duh kami spontan langsung tidak bisa menjawab,y untunglah ada seorang teman yg menjelaskan ttg tensi gratis ini…Duh pokoke menyenangkan bgt ikut acara ini..
    Semoga kegiatan ini dapat lebih bisa menyadarkan masyarakat sekitar tentang arti pentingnya menjaga kesehatan demi masa depan kelak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *